Juara Piala Dunia : Suatu Saat Nanti!

Yap.
Menang,tapi tak juara.Siapa yang tak sedih.Pastilah semuanya sedih.Ekspektasi yang luarbiasa tinggi tak berujung sebagaimana yang diharapkan.Tapi tak perlu kecewa.Sedih boleh,kecewa jangan.Karena kecewa punya energy negatif yang merusak.Tak baik.

Di Note sebelumnya pernah katakan,kalau sekarang,tak terlalu penting Timnas juara AFF atau tidak.Apa yang telah diberikan Timnas dan segala efeknya sangat luarbiasa. Juara AFF itu bisa jadi bonus saja. Bangsa hebat ini sudah dapat hiburan dan tambahan semangat yang betul-betul hebat.Beroleh sebuah common issue yang bisa bikin semuanya bersatu.

Coba perhatikan,dalam sebulan saja.Semua orang jadi bisa melupakan sejenak berbagai borok negeri ini.Semua kita jadi sadar bahwa negeri ini punya sesuatu yang bisa dibanggakan.Tak melulu berita negatif membosankan yang muncul di media.Berharap pemimpin-pemimpin kita bisa memelihara eskalasi semangat yang hebat ini dan menyalurkannya menjadi produktifitas disegala lini.

Sedikit mengulas tentang sepakbola Indonesia,khususnya Timnas. Tak perlu malu belajar dari Malaysia yang sukses fokus pada pembinaan usia muda.Mereka mungkin tak bisa berharap banyak pada Liga lokal yang kualitasnya masih dibawah Indonesia.Sehingga mereka menekankan pada pembentukan sebuah tim nasional masa depanyang dirintis dari awal semenjak pemain-pemainnya berusia belasan tahun.Kita sedikit berbeda.Punya kompetisi sepakbola yang lumayan,tapi tak punya sistem pembinaan usia muda yang konsisten.Memang betul ada tim nasional muda yang sedang berlatih di Uruguay.Tapi masih terkesan parsial.

Pembinaan usia muda mencakup keseluruhan regulasi yang terkait dengan kompetisi berjenjang sejak dini,pembinaan usia muda di klub dan pengelolaan tim nasional junior. Jika berkaca ke eropa,mereka sudah mapan.Setiap minggu ada kompetisi kelompok usia tertentu.Klub-klub sepakbola mereka punya Football Academy terbaik didunia dan tim nasional junior mereka tangguh.Ketiga elemen ini sudah kokoh sejak lama. Jepang pun begitu.Bahkan mereka punya kompetisi tingkat SMU yang kualitasnya diakui dunia.Pada akhirnya mereka bisa melahirkan tim nasional yang berprestasi.
Orang Indonesia sudah kadung cinta dengan olahraga yang satu ini dan punya mimpi besar disini.Mimpi besar itu jangan sampai dirusak oleh orang-orang bodoh yang punya kepentingan sesaat dengan memanfaatkan popularitas olahraga ini.Orang Indonesia ingin lihat Timnasnya juara Piala Dunia.

Ya,Piala Dunia!!

Itu mimpi,dan mimpi hari ini selalu jadi kenyataan esok hari. Lihat saja…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s