Mentoring

Suasana gelap karena pemadaman bergilir ini memang tidak nyaman. Namun karena baterai laptop saya masih terisi penuh, saya putuskan untuk menulis. Menumpahkan buncahan pikiran yang bergelayut di kepala..

Kebetulan saya baru pulang mengisi mentoring adik-adik saya dikampus. Kegiatan rutin setiap pekan. Sempat vakum selama 2 bulan terakhir karena libur ramadhan berbarengan dengan liburan semester. Otomatis baru tadi kami bisa berkumpul lagi.

Saya selalu nyaman berada dalam suasana mentoring tersebut. Durasi hanya 2-3 jam, namun sejujurnya, momen itu sangat padat nilai, padat rasa dan padat hikmah.

Menjadi mentor bagi mereka adalah sebuah amanah bagi saya. Mereka cerdas-cerdas, aktif dan  aktifis, antusias dan bersemangat. Meskipun terkadang ada yang mengantuk, namun saya paham, itu karena faktor kelelahan mereka karena sibuk dengan aktifitasnya. Memberikan sedikit ilmu atau berdiskusi dengan mereka semoga bias sedikit menambah khazanah keilmuan mereka, memotivasi mereka untuk lebih aktif, kontributif dan berprestasi, sekaligus juga membantu jika ada hal-hal yang menjadi masalah buat mereka. Bagi saya pribadi, pertemuan-pertemuan mentoring ini menjadi pelecut semangat untuk harus lebih baik dari waktu ke waktu dan tentunya harus upgrade dan update ilmu terus.

Saya juga ‘dilahirkan kembali’’ dikampus ini. Dididik oleh senior-senior dan mentor saya terdahulu. Namun saya ingin membuat adik-adik mentoring ini jauh lebih baik dari saya, jauh lebih baik dari bagaimana saya dibentuk dahulu.

Kami tidak berbicara dan bediskusi tentang hal-hal aneh. Kami fokus pada pengembangan karakter-karakter kokoh  bagaimana seorang muslim itu seharusnya.Bagaimana syiar islam lebih catchy dan tebar manfaat. Bagaimana kontribusi nagi khalayak banyak bias terwujud. Kadang bicara financial, bisnis, olahraga,macam-macam. Pokoknya, ini pertemuan full manfaat.

Belum lagi kenangan-kenangan indah selama mahasiswa dulu  yang selalu muncul ketika berada dikampus ini. Menjadi pengokoh semangat ketika sekarang sudah sangat terlalu sibuk dengan rutinitas harian.

Semoga pekan depan berkumpul lagi.

1/9/13        23.31 WIB

Leave a Reply

